MENGENAL LEBIH DEKAT TUGAS DAN FUNGSI PENYULUH PERTANIAN,…


Oleh: Tubagus Ismu Abunazar


Dalam suatu proses penyuluhan ada ungkapan lama bahwa  ‘ SAYA DENGAR SAYA LUPA. SAYA LIHAT SAYA INGAT. SAYA KERJAKAN SAYA PAHAM ‘ sengaja saya sampaikan ungkapan ini,karena penulis suka mendapat pertanyaan ‘ APA SIH KERJA PENYULUH ‘ pertanyaan ini yang selalu menghantui penulis dengan tulisan ini semoga tidak ada lagi pertanyaan .dan mungkin saja ketidak tahuannya tentang tugas dan fungsi penyuluh.

Berbicara mengenai penyuluh baik penyuluh pertanian.penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan . merupakan pendidik luar sekolah, yang tanpa paksaan, seseorang menjadi sadar atau yakin bahwa sesuatu hal yang disuluhkan  akan mengarah lebih baik dan menguntungkan daripada sebelum diberikan penyuluhan. Jadi penyuluh merupakan AGEN PERUBAHAN ‘ untuk merubah perilaku..sikap dan keterampilan para pelaku utama dan keluarganya. Dengan cara melakukan bimbingan secara continue melalui kunjungan ke tingkat kelompok maupun  secara langsung mendatangi keluarganya. Untuk melakukan suatu kegiatan penyuluhan, penyuluh tersebut wajib menyusun programa yang merupakan pernyataan tertulis mengenai keadaan , masalah , tujuan dan pencapaian tujuan. Dalam pengertian ini masalah adalah factor factor yang tidak memuaskan dalam suatu keadaan sedangkan tujuan merupakan perbaikan dari kondisi yang tidak memuaskan.  Program yang dibuat para penyuluh harus mencakup. SITUASI, MASALAH MASALAH. TUJUAN. PENETAPAN MASALAH DAN PENETAPAN TUJUAN , SERTA PENETAPAN RENCANA KERJA.    Sebagai implementasi dari programa ini dan untuk pelaksanaan dilapangan dilanjutkan dengan pembuatan RENCANA KERJA DAN JADWAL KEGIATAN rencana kerja ini merupakan kompas dalam melakukan penyuluhan yang harus dilaksanakan.

 

METODA DAN MEDIA PENYULUHAN

Dalam menyampaikan suatu transfer teknologi pada pelaku utama dalam melaksanakan penyuluhan penyuluh  menggunakan beberapa metoda anatara lain Metoda Ceramah. Metoda Curah Pendapat ( brainstorming ) . Metoda Diskusi Kelompok . Metoda Penugasan. Metoda Stimulasi. Metoda Bermain Peran dan Metoda Demontrasi.  Metoda metoda yang digunakan dalam melakukan penyuluhan penyuluh  mengetahui efektifitas metode yang digunakan dan prinsif prinsif belajar seperti . MOTIFASI. PARTISIFASI. PERORANGAN. MENGURUTKAN. UMPAN BALIK DAN TRANSFER.  Untuk keberhasilan suatu kegiatan penyuluhan dengan metoda metoda tersebut  tidak lepas dari jenis media yang digunakan dalam proses belajar mengajar dalam penyampaian ke sasaran dan juga detentukan oleh persyaratan media yang digunakan sehingga mudah dipahami dan bersifat komunikatif selain itu dalam segi pengadaan mudah dan gampang digunakan. Isi pesan dari media tersebut harus .DIDAKTIK. MOTIFATIF. ANALITIK DAN KREATIF. Sehingga pesan disampaikan mudah dimengerti dapat dipahami dari pesan tersebut.

PENYULUH DAN ANGKA KREDIT

Sebagai konsekwensi menjadi fungsional penyuluh,penyuluh tidak luput dari pertanggung jawabannya dalam melaksanakan tugas, dimana apa yang direncanakan dan dilaksanakan harus sesuei dengan tugas dan fungsi jabatan yang melekat berdasarkan Mentri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. Nomor ; per/19/m/PAN/10/2008. Tentang  Jabatan Fungsional Perikanan dan Angka Kreditnya. Jabatan penyuluh perikanan berdasarkan peraturan tersebut terdiri dari .

A.Penyuluh Perikanan Trampil

1.       Penyuluh Perikanan Pelaksana Pemula

2.       Penyuluh Perikanan Pelaksana

3.       Penyuluh Pelaksana Lanjutan

4.       Penyuluh Perikanan Penyelia

B.Penyuluh Perikanan Ahli

        1.    Penyuluh Perikanan Pertama.

        2.    Penyuluh Perikana Muda.

        3.    Penyuluh Perikana Madya

        4.    Penyuluh Perikana Utama.

 

Berdasarkan jabatannya  para penyuluh khususnya penyuluh perikanan mempunyai tugas fungsi yang berbeda dan jumlah angka kriditnya berbeda pula.

PENYULUH PERIKANAN DAN WILAYAH KERJA DI PROVINSI BANTEN

Penyuluh perikanan di provinsi banten hanya berjumlah 31 0rang terdiri dari 7 orang penyuluh provinsi.17 orang penyuluh perikanan di kabupaten pandeglang. Dan 7 orang penyuluh perikanan di kabupaten lebak dan merupakan penyuluh PNS.selain itu terdapat pula penyuluh swadaya berjumlah 114 yang tersebar di kab /kota provinsi banten.  Para penyuluh perikanan ini mempunyai wilayah kerja masing masing ada yang membina 2 sampai 3 kecamatan dan pula yang sampai 7 kecamatan terutama di wilayah pantai seperti di kabupaten lebak.  Adapun sasaran pembinaannya  difokuskan pada pelaku utama budidaya. Tangkap dan pengolah hasil perikanan, sedangkan bagi para Penyuluh Perikanan yang berada di provinsi banten di unit kerja Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan provinsi banten.wilayah kerjanya melakukan pembinaan penyuluh  dibawahnya di tingkat kabupaten dan kota, seorang penyuluh perikanan membina 1 sampai 2 kabupaten dan telah disesuaikan dengan keahlian masing masing.

 

PENYULUH DAN KELEMBAGAAN PENYULUH

Semenjak diterbitkannya Undang Undang Republik Indonesia  .nomor ; 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan , Kehutanan kondisi penyuluhan maupun penyuluh sudah mengarah pada khitohnya sesuai dengan amanat Undang Undang nomor ; 16 tahun 2006 . BAB II ASAS .TUJUAN DAN FUNGSI Pasal 2.  Yakni  Penyuluhan diselenggarakan berasaskan demokrasi, manfaat, kesetaraan, keterpaduan, keseimbangan, keterbukaan, kerja sama, partisipatif, kemitraan, berkelanjutan, keadilan, pemerataan dan bertanggung jawab.   Sebelum Undang Undang ini terbit kondisi penyuluh arah kebijakannya tidak sama,kebijakan yang dilaksanakan kebijakan dinas dimana penyuluh itu bernaung yang lebih prihatin lagi tidak adanya anggaran yang digelontorkan dari dinas bagi penyuluh dalam melakukan penyuluhan dilapangan sehingga mengakibatkan banyaknya para penyuluh beralih tugas ke structural yang menjanjikan baik secara finasial maupun karier, Dengan adanya Undang Undang nomor 16 ,sangat disyukuri terutama oleh para penyuluh perikanan dan kehutanan ,mengapa demikian.karena fasilitas penyuluhan yang dirasakan sangat jauh dari fasilitas yang diterima oleh para penyuluh pertanian baik dari bantuan APBD 1 maupun APBN. Disisi lain ,para penyuluh telah melebur pada suatu lembaga dan bernaung pada lembaga yang sama di BADAN KETAHANA PANGAN DAN PENYULUHAN.  diantaranyan Penyuluh Pertanian,Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Kehutanan Provinsi. Begitupun bagi penyuluh yang lain sudah berada di BP4K di tingkat kabupaten dan kota.  BPP di tingkat kecamatan dan sekarang para penyuluh sudah tidak lagi di unit kerja dinas teknis walaupun masih ada yang berusaha untuk menarik kembali para Penyuluh tersebut ke dinas teknis.

Harapan penulis semoga keberadaan para penyuluh baik Penyuluh ,Pertanian Penyuluh Perikana dan Kehutanan tetap eksis dan tetap berkarya demi kesejahteraan para pelaku utama dan keluarganya ,jangan ikut bingung dengan peraturan peraturan baru semua itu untuk kemaslahatan para PNS . sukseskan semua kegiatan dan program program pemerintah khususnya pada bidang pertania,perikanan dan kehutanan dan semoga tidak ada lagi pertanyaan yang menanyakan ‘ APA AJA SIH KERJA PENYULUH “ tulisan ini jawabannya wassalam………………………………………………………….terima kasih bravo penyuluh